Dream High

Aku akan selalu bermimpi yang tinggi untuk mencapai sesuatu menuju kesuksesan yang selama ini ada dalam benakku...
ku berharap suatu saat itu terjadi.

Rabu, 26 Oktober 2011

Peran Penting seorang Public Relations bagi Pembentukan Citra Perusahaan


TUGAS
DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS
Pentingnya Citra dalam Kegiatan Public Relations
 



Nama   : ARNIWINANSI TADJONGGA
No.Stbk : B 501 10 014
Prodi    : Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tadulako
                  
Daftar Isi   
Halaman Judul                                                                                         I
Daftar Isi                                                                                                   II
Apa Itu Citra?                                                                                           III
Jenis-Jenis Citra                                                                                        IV
Apa Fungsi Citra bagi sebuah Organisasi?                                           V
Peran Penting Citra bagi Seorang Public Relations/Humas                 VI
Penutup                                                                                                   VII









Apa itu Citra?
Citra adalah sebuah istilah baru yang menarik yang  tidak dapat dipisahakan dari seorang Public Relations. Citra ( Image ) yang memiliki arti “ The Impression, the feeling, the conception which the public has of A company; a consciously created impression of an object, person or organization” ( Bill Cantor, 1984 :438).
 Jadi, citra itu dengan sengaja perlu diciptakan supaya bernilai positif.
 Citra itu sendiri merupakan salah satu asset terpenting dari suatu perusahaan/organisasi.
                                           











Jenis-Jenis Citra
Ada beberapa jenis citra ( image ) yaitu :
1.     Citra Bayangan ( Mirror Image ) adalah citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan luar terhadap organisasinya. Citra ini seringkali tidaklah tepat, bahkan hanya sekedar ilusi sebagai akibat dari tidak memadainya informasi,pengetahuan ataupun pemahaman yang dimiliki oleh kalangan dalam organisasi itu mengenai pendapat atau pandangan pihak-pihak luar.
2.     Citra yang Berlaku ( Current Image ) adalah suatu citra/pandangan yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi. Namun sama halnya dengan citra bayangan, citra yang berlaku tidak selamanya bahkan jarang sesuai dengan kenyataan karena semata-mata terbentuk dari pengalaman orang-orang luar yang tidak memadai.
3.     Citra yang Diharapkan ( Wish Image ) adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen. Citra ini tidak sama dengan citra yang sebenarnya. Karena biasanya citra yang diharapkan lebih baik atau lebih menyenangkan dari pada citra yang ada walaupun dalam keadaan tertentu, citra yang terlalu baik bisa juga merepotkan.
4.     Citra Perusahaan ( Citra Lembaga ) adalah citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, jadi bukan citra atas produk dan pelayanannya.
5.     Citra Majemuk adalah Citra yang memiliki masing-masing unit dan individu dan memiliki perangai serta perilaku tersendiri sehingga secara sengaja atau tidak,secara sadar atau tidak, mereka pasti memunculkan suatu citra yang belum tentu sama dengan citra organisasi atau keseluruhan secara keseluruhan.
6.     Citra yang Baik dan yang Buruk adalah  citra-citra yang berlaku
 ( current images ) yang bersifat negative dan positif.
Apa Fungsi dan Tujuan Citra bagi Seorang Public Relations?

Fungsi dan Tujuan dari citra adalah menciptakan citra yang positif tentang Organisasinya terhadap Publik bahwa instansi itu positif baik internal maupun eksternal.
Ada beberapa cara membentuk citra positif yang biasanya didapatkan oleh lembaga, organisasi dan dilakukan oleh praktisi PR yaitu :
1.Menciptakan Public Understanding ( pengertian public). Pengertian belum berarti persetujuan/penerimaan, dan persetujuan belum berarti penerimaan. Di sini public memahami organisasi/perusahaan tersebut dalam masalah produk/jasa, aktivitas-aktivitas, reputasi, perilaku manajemen,dsb.
2. Menciptakan Public Confidence (adanya kepercayaan public terhadap organisasi).
3. Menciptakan Public Support ( adanya unsur dukungan dari public terhadap organisasi) baik itu dalam bentuk material maupun spiritual.
4. Menciptakan Public Corperation ( adanya kerjasama dari public terhadap organisasi).
5.Menciptakan Goodwill.





Peran Penting  Seorang Public Relations bagi Pembentukan Citra Perusahaan/Organisasi
Peran penting seorang Public Relation bagi pembentukan Citra Perusahaan/Organisasi  yaitu untuk memberikan pendapat-pendapat positif dari public. Dalam hal ini, yang sering kita jumpai yaitu bagaimana seorang Public Relations menjalin hubungan baik  dengan masyarakat internal maupun masyarakat eksternal. Agar citra positif tetap ada dalam organisasi. Selain itu Public Relations digambarkan sebagai input-output.  input adalah stimulus yang diberikan dan output adalah tanggapan atau perilaku tertentu. Efektivitas PR di dalam pembentukan citra  erat kaitannya dengan kemampuan pemimpin dalam menyelesaikan tugas organisasinya, baik secara individual maupun tim yang dipengaruhi oleh praktek berorganisasi dan manajemen waktu/ perubahan dalam mengelola sumberdaya (materi, modal dan SDM) untuk mencapai tujuan yang efisien dan efektif, yaitu mencakup penyampaian perintah, informasi, berita dan laporan, serta menjalin hubungan dengan orang. Hal ini tentunya erat dengan penguasaan identitas diri yang mencakup aspek fisik,  Citra humas yang ideal adalah kesan yang benar, yakni sepenuhnya berdasarkan pengalaman, pengetahuan, serta pemahaman atas kenyataan yang sesungguhnya.
Itu berarti citra tidak seharusnya “dipoles agar lebih indah dari warna aslinya”, karena hal itu justru dapat mengacaukannya (Anggoro, 2002).





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar